PENYAKIT KAKI CHARCOT YANG TIDAK DISADARI TAPI BERAKIBAT FATAL


Kaki Charcot, yaitu sebuah penyakit yang diderita oleh pengidap diabetes (diabetensi) Kaki Charcot menyebabkan kaki melemah atau tidak berfungsi dengan normal alias lumpuh, oleh karena itu penyakit Kaki Charcot bukanlah masalah sepele dan harus segera ditangani agar tidak terjadi kelumpuhan total.

ada pepatah mengatakan "mencegah lebih baik daripada mengobati", oleh karena itu sebelum menderita kelumpuhan karena Kaki Charcotini kita harus mengenal tanda - tandanya sekaligus cara  mencegahnya.

Pengertian Kaki Charcot

Kaki Charcot penyakit yang menyerang bagian tulang, sendi, serta jaringan pada kaki. hal ini menyebabkan penyusun bagian kaki mengalami kehilangan kekuatan yang memuat kaki menjadi lumpuh total.

Penyebab utama dari Kaki Charcot adalah adanya gangguan neuropati perifer atau lebih dikenal dengan gangguan saraf, kondisi ini dikatkan erat dengan diabetes, minum alkohol dan penggunaan narkoba / zat adiktif lainya, infeksi, parkinson, HIV, kerusakan saraf tulang belakang dan sifilis.
kerusakan saraf tersebut menyerang kaki yang membuat rasa dikaki menjadi hilang yang bisa membuat kaki kerap terkilir, bergesernya tulang ataupun patah tulang.

cara mencegah Kaki Charcot

Kaki Charcot memang kerap diderita oleh penderita diabetes namun banyak juga penderita  Kaki Charcot yang tidak menderita dabetes terlebih dahulu jadi untuk yang tidak menderita diabetes harus tetap waspada agar tidak terkena penyakit ini.

Dilansir dari hellosehat ada beberapa cara agar terhindar dari penyakit Kaki Charcot ini yaitu :
Hindari melakukan olahraga yang bertumpu pada kekuatan otot kaki, seperti futsal. Ini karena para diabetesi cukup rentan mengalami kerusakan saraf.

Sehingga olahraga yang banyak menggunakan kekuatan kaki bisa meningkatkan risiko kaki Charcot. Lakukan pemeriksaan diri setiap hari untuk mendeteksi lebih dini jika muncul gejala awal. Amati jika kemungkinan muncul pembengkakan, kemerahan, luka, maupun bintik kemerahan pada kulit.

Hindari konsumsi alkohol.

Rutin mencuci dan membersihkan kaki setiap hari.
Selalu gunakan kaus kaki dan sepatu untuk menjaga kaki dari risiko terluka atau mengalami cedera.
Hindari kegiatan harian apa pun yang berisiko menimbulkan cedera pada kaki.
Perlu diingat juga memeriksakan kaki kedokter setiap hari addalah langkah paling aman agar terhindar dari penyakit kaki charcotini

Belum ada Komentar untuk "PENYAKIT KAKI CHARCOT YANG TIDAK DISADARI TAPI BERAKIBAT FATAL"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel