BAHAYA SABUN ANTISEPTIK


Sabun antiseptik, sabun ini bisa ditemui dengan mudah dipasaran banyak orang yang menggunakan sabun ini karena sabun antiseptik ini mampu membunuh banyak kuman dikulit, sabun yang kerap dijulukisebagai anti bakteria ini tenrnyata juga mengandung sisi negatifnya seperti membuat kulit kering dan penyakit kulit sejenisnya.

lalu amankah sabun ini digunakan ?

Sabun antiseptik atau antibakteria ini bila terlalu sering digunakan akan menimbulkan berbagai dampak negatif kepada kulit anda maka tidak heran jika orang yang menderita penyakit kulit seperti dermatitis atopik lebih baik menghindari sabun ini karena sabun antiseptik cenderung membuat iritasi atau membuat kering kulit tubuh. untuk lengkapnya berikut adalah dampak negatif sabun antiseptik.

1.Kulit menjadi kering

Sabun antiseptik mengandung senyawa yang bernama triclosan yang dimana senyawa ini membuat minyak pada kulit berkurang sehingga kulit akan menjadi kering dan terasa kasar tak hanya itu saja kadang bisa membuuat kulit menjadi terasa  gatal atau berwarna menjadi merah. jadi dapat dikatakan bahwa terlalu sering menggunakan sabun antiseptik membuat kulit menjadi rusak.

2. Membuat bakteri menjadi kebal

Menggunakan saun antiseptik diklaim membuat bakteri menjadi hilang, bisa jadi benar. tapi pengguna yang terlalu sering menggunakan sabun antiseptik ini membuat bakteri menjadi kebal dang sulit untuk dihilangkan.

3. Membuat alergi

Seperti yang dikatakan tadi sabunantiseptik mengandung senyawa tricolas,senyawa tricolas ternyata juga bisa membuat alergi kulit kepada beberapa orang karenaJika triclosan bertemu dengan bakteri, akan terjadi mutasi dan dapat menghambat sistem imun dalam memerangi bakteri.

4. Mengubah hormon

Sabun antiseptik ini berpotensi mengubah hormon manusia, meskipun belum ada penelitian tingkat lanjut kepada manusia. pada tahun 2010 ada sebuah penelitian mengenai dampak dari paparan triclosan yang menghasilkan hewan yang diberi senyawa trclosan memiliki ketidak seimbangan testosteron. maka dari itu lebih baik berhati-hati dalam menggunakan sabun antiseptik ini.

Kesimpulan

Sabun antibiotik banyak terbukti membasmi kuman tapi, disarankan memakai jangan terlalu sering karena membuat dampak negatif dalam tubuh. jadi, disarankan utuk memakai sabun antiseptik ini ketika mencuci tangan saja baik sebelum atau sesudah makan.

Belum ada Komentar untuk "BAHAYA SABUN ANTISEPTIK"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel