HATI-HATI! JANGAN MINUM AIR DINGIN SEMBARANGAN SETELAH BERKERINGAT


Disiang hari biasanya sangat terasa panas karena terik matahari hal ini membuat badan menjadi berkeringat dan tenggorokan kering. kebanyakan orang akan memilih meminum air dingin atau air es ketika panas terik, didalam hal ini masih ada perbedaan pendapat yang memperbolehkan dan ada yang melarang.

Pernyataan yang mendukung "Sebuah penelitian pada tahun 2013 berkata lain. Pada saat cuaca panas, sangat penting untuk menyeimbangkan suhu dan cairan di tubuh. Jika tidak, Anda tentu berisiko dehidrasi."

Pernyataan yang melarang "ditemui pada ilmu kesehatan tradisional India (Ayuverdic). Di dalamnya dikemukakan bahwa minum air dingin memperlambat proses pencernaan di tubuh."

Tapi dibalik pernyataan yang mendukung itu ternyata air yang beara di celcius 16°(16°C) atau air bersuhu biasa dari keran lah yang mampu mengembalikan dehidrasi lebih cepat dibanding air dingin ataupun air panas.

Lalu apakah dampak lain karena meminum air dingin teralu serig?


1. Menurunkan denyut jantung

Air dingin yang diminum dan masuk kedalam tubuh merangsang  saraf kranial kesepuluh, yaitu saraf vagus. Saraf ini berperan penting dalam menurunkan ritme jantung.
jadi bila terlalu sering minum air dingin akan membuat jantung anda melemah bukanya tidak boleh meminum air dingin tapi harus menjaga batas wajar aga tidak terjadi hal yang sangat tidak diinginkan.

2. Sakit Pencernaan

Air yang terlalu dingin dapat menganggu sistim pencernaan tubuh, pada normalnya suhu tubuh manusia adalah 37°C dan bila meminum minuman yang bersuhu dibawahnya terlalu jauh maka,  tubuh akan bekerja ekstra untuk mengembalikan suhu tubuh dan hal ini akan berakibat kurangnya kemampuan usus dalam menyerap vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Jadi pada intinya adalah sebisa mungkin hindari meminum air dingin kalau bisa minum air biasa dengan suhu yang normal agar dehidrasi bisa segera diatasi. bila anda berkeringat banyak maka minumlah minuman isotonik seperti pocarisweet yang mampu memoercepat pengembaian ion tubuh yang sudah hiang agar kembali semangat lagi dalam menlakukan aktifitas kembail. 


Belum ada Komentar untuk "HATI-HATI! JANGAN MINUM AIR DINGIN SEMBARANGAN SETELAH BERKERINGAT"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel