MANFAAT DAUN KUCAI

( gambar diambil dari hellosehat.com )

Daun kucai memiliki nama latin Allium tuberosum sangat mudah dijumpai di pasar-pasar tradisional dan harganya pun sangat terjangkau. memiliki fisik berwarna hijau dan memanjang, berbatang kecil seperti daun bawang. tapi meskipun mirip memiliki perbedaan yaitu :

* Kucai memiliki batang / daun yag lebih kecil dibanding dengan daun bawang
* daun kecai lebih tipis dibandng dengan daun bawang tapi ukuranya(rongga) lebih kecil
* dari segi warna daun kucai memiliki hijau pekat dan daun bawang memiliki warna putih dibagian bawah sampai akar
*dari segi rasa dan kegunaak biasanya daun kucai digunakan sebagai campuran toge untuk lalapan masakan tradisional seperti soto dan tahu kecap(makana khas jawa timur), sedangkan daun bawang biasanya digunakan untuk campuran telur dadar atau dibuat martabak.

Lalu apakah manfaat dari sikecil kucai ini?

1. Mengandung banyak vitamin

Didala daun kucai ini memiliki atau kaya akan serat dan rendah kalori,kucai sendiri mengandung zat yang dibutuhkan tubuh seperti  mineral, antioksidan vitamin K, vitamin A, vitamin C, folat, magnesium, fosfor, kalium, dan juga kolin.
jadi sangat tepat jika daun kucai ini dimakan tanpa dimasak terlebih dahulu karena dapat menjaga
kandungan zat tetap baik.

2. Baik untuk tulang

Karena daun kucai memiliki kandungan vitamin k yang banyak membuat daun kucai ini dapat membantu merawat tulang karena vitamin k sendiri membantu proses memproduksi protein tulang yang disebut osteocalcin. Osteocalcin inilah yang berperan penting untuk menjaga kepadatan mineral tulang.

3. Mencegah kangker

dalam sebuah studi yang dirilis oleh Journal of National Cancer Institute,membuktikan bahwa pria/laki-laki dengan asupan sayuran allium yang tinggi membantu terhindar dari penyakit kangker prostat dan salah satu sayuran yang mengandung allium yang cukup tinggi adalah daun kucai.
4. Menjaga kesehatan otak

Kolin adalah salah satu nutrisi yang bisa membantu mempertajam ingatan dan mengatur mood dan sangat tepat karena daun kucai ini juga mengandung kolin, jadi untuk para ibu-ibu yang ingin anaknya mudah menghafal menjadikan daun kucai in sebagai hidangan tambahan sangat cocok.

Belum ada Komentar untuk "MANFAAT DAUN KUCAI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel