TIPS MENGGUNAKAN HEADSET DENGAN AMAN DAN NYAMAN


Telinga salah satu alat indra dari manusia yang mampu menangkap suara, jadi dapat dikatakan bahwa telinga itu sangat penting bagi manusia bila mana telinga rusak maka orang tersebut bisa tuli alias tidak mampu mendengar dengan baik.

Seringkali kita mendengarkan musik dengan menggunakan deadset namun sebenarnya hal ini cukup berbahaya bagi kesehatan telinga karena menggunakan headset bisa membuat gendang telinga rusak karena avolume yang kerass, seperti yang kita tau bahwa gendang telinga merupakan organ yang sangat peka bila hal ini sering terjadi maka tidak menutup kemungkinan bahwa gendang telinga kita akan rusak.

Berarti tidak boleh dong menggunakan headset? Boleh, menggunakan headset boleh-boleh saja digunakan asal ada batasan-batasan yang tidak boleh dilanggar saat menggunakan headset agar telinga tetap aman, berikut ini adalah tips agar bisa mendengarkan headset dengan aman dan nyaman.

1. Volume kurang dari 60%

Saat mendengarkan musik menggunakan headset haruslah mensetting volume kurang dari 60% karena bila lebih bisa jadi merusak telinga pendengar.
Menurut American Osteopathic Association, MP3 Player atau ponsel Anda bisa memproduksi suara sampai 120 desibel. Tingkatan tersebut setara dengan konser musik.


2. Durasi tidak boleh lebih dari satu jam

Ternyata saat menggunakan headset durasi juga mempengaruhi kesehatan telinga meskipun hanya dengan volume kecil tapi durasi yang sangat lama maka juka akan tetap membuat telinga sakit.
jadi saran saja bagi kalian yang biasa mendengarkan musik pakai headset saat bekerja coba bergantilah dengan speaker portable yang lebih aman.

3. Jangan mendengarkan ditempat yang bising

Sebaian besar orang pasti pernah melakukanya disaat yang ramai atau bising mendengarkan musik pakai headset yang tujuanya agar tidak terganggu. tapi taukah sebenarnya melakukan hal itu sama saja dengan merusak telinga sendiri karena seperti yang dikatakan tadi bila menggunakan volume yang tinggi melebihi 80 desibel dapat merusak telinga dengan cepat.

Jadi pada intinya jangan menggunakan headset dengan volume yang keras atau dengan durasi yang lama (lebih dari satu jam) karena dapat merusak telinga penggunanya.a

Belum ada Komentar untuk "TIPS MENGGUNAKAN HEADSET DENGAN AMAN DAN NYAMAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel