AMANKAH MEMANASKAN NASI BERULANG KALI?


Nasi menjadi makanan pokok bagi hampir atau sebagian besar warga masyarakat indonesia, nasi bisa ditemui di indonesia kecuali beberapa daerah yang tidak bisa ditanami tumbuhan ini. pada awalnya nasi adalah olahan dari beras dan beras tersebut dihasilkan oleh tanaman yang disebut padi.

Saat memasak beras agar menjadi nasi kadang ibu rumah tangga memasaknya secara besar atau banyak tujuanya agar nanti tidak masak nasi lagi  alhasil kadang nasi menjadi tidak termakan semuanya atau tersisa, kalau sudah terjadi hal itu maka pasti akan memanaskan lagi nasi tersebut agar bisa dimakan lagi.Memanaskan nasi boleh saja, tapi harus tetap hati-hati, lho!

Pasalnya, makan nasi yang dipanaskan bisa menyebabkan keracunan makanan. Bukan, bukan dari metode pemanasannya. Namun, lebih ke bagaimana cara Anda menyimpan sisa nasi tersebut sebelum dipanaskan kembali.

Kenapa hal itu bisa terjadi?

Sesuai yang sudah disinggung diatas yang bisa menyebabkan keracunan adalah cara menyimpanya yang bisa menyebabkan keracunan. Pada umumnya ibu-ibu rumah tangga mungkin anda salah satunya menyimpan nasi hanya dengan meletakan nasi diatas meja dan hal inilah yang membuat resiko keracunan karena nasi menjadi meningkat.

Beras (masi yang belum dimasak) memiliki atau mengandung bakteri spora Bacillus cereus yang memiliki daya tahan hidup yang tinggi bakteri inipun tetap masih hidup meskipun dipanaskan dengan suhu tinggi.

nasi sendiri yang sudah matang dan dibiarkan mendingin di ruangan membuat bakteri spora Bacillus cereus ini menjadi berkembang biak atau meningkat dan hal inilah yang membuat nasi menjadi beracun. jika nasi terlalu banyak dipanaskan berulang kali maka bisa menjadi keracunan akibat spora Bacillus cereus ini. effeknya sendiri akibat keracunan ini adalah muntah muntah atau diare sekitar 1-5 jam sesudahnya .

Gejalanya relatif ringan dan biasanya berlangsung sekitar 24 jam.
Jadi pada intnya nasi dipanaskan itu boleh-boleh saja tapi sebagai catatan jangan berkali kali agar nasi tetap aman dikonsumsi, bila mana nasi sudah dipanaskan berkali kali lebih baik buanglah karena menjaga kesehatan keluarga lebih baik daripada menghemat nasi.

Belum ada Komentar untuk "AMANKAH MEMANASKAN NASI BERULANG KALI?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel