MENJAGA KESEHATAN HATI

gampar pohon bentuk hati dari pixabay

Hati salah satu organ yang sangat penting bagi  manusia karena bila tidak memiliki hati manusia bisa dipastikan akan mati. fungsi utama dari Hati adalah sebagai menyaring racun atau zat lain yang bisa berasal dari alkohol, sisa-sisa obat, makanan yangg dikonsumsi dan sebangainya menjadi zat yang bisa diterima oleh usus agar tidak menjadi kerusakan pada usus.

Hati juga merupakan salah satu organ yang memiliki kerja terus-menerus seperti ginjal, otak dan sejenisnya untuk itu lebih baiknya hati harus dijaga kesehatanya agar bisa hidup lama dan sehat. ada banyak cara untuk menjaga kesehatan hati dan berikut adalah beberapa cara agar hati anda tetap sehat.

1.Minum airmineral

Air salah satu elemen yang sangat dibutuhkan manusia manusia tidak mungkin bisa hidup lama tanpa air karena tujuh puluh persen dari tubuh manusia adalah air. selain itu air juga dapat berfungsi sebagai  pembantu hati dalam maenghilangkan racun.jadi kalau kalian ingin sehat hatinya jangan lupa banyak minum air ya.

2.Jangan minum alkohol.

alkohol sangat berbahaya bagi organ-organ dalam tubuh manusia terutama bagian hati karena banyak penyakit kangker hati yang disebabkan oleh terlalu sering meminum alkohol, tak hanya kangker hati alkohol juga bisa menyebabkan pengerutan hati atau sirosis yang sangat berbahaya.

3.Makanan bergizi.

Sumber energi utama dari tubuh adalah makanan tapi tidak semua makanan baik untuk tubuh dan organ dalam, oleh karena hal itu perlu adanya makan-makanan yang tepat seperti 5 sehat dan 4 sempurna agar tubuh tetap sehat. sebisa munngkin hindari terlalu banyak makan-makanan berkolestrol, berlemak, berkarbohidrat agar hati terhindar dari penumpukan lemak (fatty liver).

4.Hidari terlalu sering minum obat kimia Obat-obatan.

Obat memang sangat bagus untuk mengobati penyakit yang diderita namun meskipun sangat dibutuhkan obat tetaplah bahan kimia yang memiliki efek kepada kesehatan hati. menggunakan obat kimia secara banyak dan terus menerus mengakibatkan hati berkerja sangat keras didalam tubuh sesuai yang dibahas tadi fugsi hati menetralkan racun atau zat lain yang bisa berasal dari obat dan lain-lain
 

Belum ada Komentar untuk "MENJAGA KESEHATAN HATI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel