MITOS ATAU FAKTA? RUMPUT FATIMAH MEMPERLANCAR PERSALINAN

bahaya-rumput-fatimah-doktersehat
(Sumber gambar: https://doktersehat.com/wp-content/uploads/2018/12/manfaat-rumput-fatimah-doktersehat-696x464.jpg )

Rumput Fatimah yang memiliki nama latin Labisa pumila ini biasa ditemukan di asia tenggara terutama didataran dengan ketinggian 300 dampai 700 meter DPL. tanaman ini memiliki ciri yaitu tingginya sekitar 30 - 40 cm dengan batang berwarna ungu kehitaman dan daunya berwarna hijau berbentuk elips lancip.

Di malaysa sendiri rumput fatimah ini digadang gadang memiliki manfaat yaitu melancarkan proses persalinan pada ibu hamil, biasanya rumput fatimah akan di jemur / dikeringkan dan ekstraknya diminum beberapa hari sebelum melahirkan

Sebenarnya tentang manfaat rumput fatimah sendiri ini belum di uji kebenaranya (saat ini) malahan dokter tidak menganjurkah ibu yang akan melahirkan untuk meminum ekstrak rumput fatimah ini karena rumput fatimah mengandung zat yang membuat / memicu kontraksi rahim terlalu dini, yang ditakutkan dapat menyebabkan komplikasi saat persalinan. jadi untuk para ibu / calon ibu yang akan melahirkan lebih baik berhati - hati saat mau meminum jamu tradisional alangkah baiknya jika konsultasi terlebih dahulu ke dokter spesialis kandungan.

Didalam hal lainya ternyata rumput fatimah ini mengandung manfaat yang luar biasa bagi tubuh diantaranya yaitu :

1. Mengurangi resiko osteroporosis pada wanita menopause.

rumput fatimah ini mengandng fitoestrogen alami. dimana fitoestrogen ini kerap digunakan didunia medis untuk alternatif terapi estrogen untuk mengatasi masalah osteoporosis yang disebabkan oleh menopause. Rumput fatimah ini lebih baik dibanding dengan terapi estrogen karena memiliki efek samping yang cukup rendah tapi dengan catatan ekstrak ini hanya bisa digunakan dalam dosis yang rendah yaitu berkisar hingga 560 mg/hari untuk wanita pascamenopause.

2. Menangkal radikal bebas.

Dari rangkuman hasil penelitian dari manusia rumput fatimah mengandung flavonoid, asam askorbat, beta-karoten, anthocyanin, dan senyawa fenolik. betakaroten di rumput fatimah terbukti bisa mencegah / menghambat fek radikal bebas di dalam tubuh. Sedangkan flavonoid berfungsi mencegah terjadinya penyakit kronis seperti osteoporosis, rematik, dan penyakit lain yang berhubungan dengan stres oksidatif.

Rumput fatimah memang banyak manfaatnya tapi perlu diingat untuk mengkonsumsi rumput fatimah ini harus berkonsultasi terlebih dahulu karena selain bermanfaat juga berbahaya bagi ibu hamil, alangkah baiknya jika menggunakan rumput fatimah ini dengan membeli kapsul di apotik karena ada dosis atau cara penggunaanya.

1 Komentar untuk "MITOS ATAU FAKTA? RUMPUT FATIMAH MEMPERLANCAR PERSALINAN"

  1. Games Baru Yaitu Games : SAKONG
    Mainkan Dan Menangkan Permainan Games Sakong
    Hanya Di : http://bit.ly/2l4ucZT
    Setiap Orang Berkesempatan Kartu Bagus
    Nikmati Sensasi Menjadi Bandar Sakong
    Info Selengkapnya : http://bit.ly/2l4ucZT

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel